BP2MD Minta Ada Kebun Sumber Entris di Kalotok

3 in 1 bentuk inovasi pembibit kakao Desa Kalotok

Pembibit Laskar Belati  memiliki 13 orang anggota. Paling sedikit bibit anggota  4000 batang, dan lebih banyak 10.000 bibit. Selama ini mereka melayani orderan dari penangkar yang bersertifikat sehingga Laskar Belati  belum bisa berhubungan langsung ada saat ada pengadaan bibit kakao karena beum bersertifikat. Memasuki tahun 2017 gagasan mendapatkan sertifikat penangkar mulai terpikirkan.

Rencana jadi penangkar bersertifikat sudah digagas dengan mendatangkan Kepala UPT Pembibitan Perkebunan Sulsel, Ibu Rosmi pada tanggal 30 Oktober 2017 dan Ir Burhanuddin dari BP2MD Sulsel untuk memberikan arahan cara dan proses menjadi penangkar mbebibit kakao bersertifikat.  Dalam waktu dekat,di bulan November mereka diminta untuk mempersiapkan kebun sumber entris dari BP2MD Sulsel.

”Kalau bisa ada 3 kebun sumber entris yang akan dinilai oleh tim pemulia tanaman dari Puslit Kakao pada bulan November ini. Saya akan dampingi tim ke Luwu Timur meninjau kebun entris di sana, setelah itu  akan saya  arahkan ke Kalotok. Jadi mohon Pak Ismail dan anggota siapkan kebun yang akan ditinjau,” ujar Burhanuddin.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan