Pelatihan Manajemen dan Keuangan Pengurus Lembaga Ekonomi Kalotok Siangkaran

Kepala Bappeda Luwu Utara, Ir Rusdi Rasyid  memberikan semangat kepada pengurus Lembaga Ekonomi Desa Kalotok Siangkaran (KASI) karena telah menggerakkan perekonomian di tingkat desa melalui usaha pembibitan sambung samping kakao dan usaha beternak lebah trigona.  Dia juga menyampaikan penghargaan terhadap upaya Pemerintah Desa dan masyarakat Kalotok yang memikirkan  pembentukan lembaga ekonomi mkasyarakat yang memayungi usaha-usaha di sektor pertanian dan holtikultura.

Demikian disampaikan pada Pelatihan Managemen Keuangan Lembaga Ekonomi Desa (LED) ”Kalotok Siangkaran”,  (17/11) yang difasilitasi konsorsium Hijau Lestari yang terdiri dari 7 lembaga nasional dan lembaga lokal yaitu Lembaga Ekolabel Indonesia (LEI), Lembaga  Alam Tropika Indonesia (LATIN), Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL), Yayasan Komunikasi Kehutanan Masyarakat (YKKM), KPAM, Perkumpulan Wallacea, AMAN.

Dilihat dari usaha-usaha yang dijalankan lembaga ekonomi ini, sambung Rusdi Rasyid, yaitu usaha pembibitan kakao dan usaha budidaya lebah trigona, semua memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.  Diharapkan pendampingan yang dilakukan konsorsium menjadi pondasi kelembagaan ekonomi, tinggal kapasitas pengelolaan dan pengembangannya akan menjadi pekerjaan selanjutnya oleh Pemda dengan melibatkan pihak-pihak lain sesuai kewengan dan fungsinya.

Rusdi juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sudah berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan dan pendampingan usahanya dengan tetap melibatkan LSM. Dalam upaya pendampingan dari pemerintah kabupaten sebaiknya usaha-usaha yang dikelola diurus legalitasnya sehingga menjadi lembaga usaha yang resmi.

”Terima kasih juga kepada masyarakat Kalotok karena apa yang dilakukan masyarakat disini sangat sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yaitu mendorong pengembangan usaha ekonomi di sektor pertanian dan perkebunan.  Pembinaan secara teknis akan dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM,” kata Rusdi.

Menurutnya, Pemerintah Luwu Utara akan memacu bangkitnya UMKM di sektor pertanian dan perkebunan serta peternakan karena masih sangat menjajnjikan pengembangannya untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan bagi daerah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan