Ketua Karang Taruna Kalotok Ikut Pelatihan Digitasi Peta

Dalam meningkatkkan kapasitas sumber daya manusia terutama penyiapan generasi muda yang memilki kemampuan dalam penguasaan digitasi peta memakai software  ArcGIS, Ketua Karang Taruna Desa Kaloto, Takbir ikuti Pelatihan  Digitasi Peta yang dilaksanakan Jaringan Pemetaan Partisipatif (JKPP), Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA) dan Perkumpulan Wallacea selama  4 hari, dari tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 2018.

Menurut Sekretaris Desa Kalotok, Takdir Djabir,  pengutusan salah seorang dari generasi muda untuk mengikuti pelatihan teknis digitasi peta sangat penting bagi perencanaan pembangunan desa ke depannya.  Dia berharap kemampuan teknis digitasi peta ini dapat diaplikasikan sehingga berguna untuk perencanaan tata  guna lahan Desa Kalotok.

”Yang tak kalah pentingnya, akan menjadi kebanggan desa jika kalau pemuda Kalotok terlibat membantu pemetaan di desa lain yang ada di Kabupaten Luwu Utara,” harap Takdir Djabir.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Perkumpulan Wallacea difasilitasi langsung Syafaruddin dari JKPP memberikan pengenalan pemetaan partisipatif, pengenalan software digitas dan pemakaiannya, dan penugasan digitas peta.

”Secara keseluruhan pelatihannya lebih banyak praktek, sehinggga setiap peserta harus membawa laptop yang kapasitas pengoperasiannya memadai,” ujar Syafaruddin.  (*)

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan